Sabtu, 17 November 2012

ABSTRAK


ABSTRAK
     Arif Herdiana. Konsep Sabar dalam Al-Quran (Studi Tematik). Dibimbing oleh Fachri Fachruddin, M.E.I, dan Drs. Romli M.H.I.
       Allah SWT senantiasa selalu menguji hamba-Nya dengan bermacam-macam cobaan rintangan dan musibah, semuanya tidalain untuk mengetahui siapa di antara hamba-Nya yang benar-benar sabar dalam menghadapi semuanya, dan Allah SWT akan memberikan ganjaran kepada hamba-Nya yang istiqomah dalam kesabarannya dengan pahala yang tampa batas, kesabaran sangatlah urgen dalam kehidupan, tapi banyak orang yang belum faham tentang konsep sabar yang sesungguhnya, maka dengan ini penulis mengungkap makna sabar dalam Al-Qur’an sebagai penjelasan kepada ummat agar ummat bisa merealisasikan kesabaran dengan benar.
      Sangat penting sekali untuk mempelajari sifat sabar dalam menempuh hidup di bumi ini, karena hidup itu membutuhkan perjuangan dan perjuangan itu membutuhkan kesabaran dalam menjalankannya, kesabaran adalah suatu keharusan bagi kaum muslimin, dan sifat itu adalah terpuji, meskipun sabar memiliki syarat-syarat tertentu, tapi urgen sekali untuk di ungkap dan dikaji lebih dalam lagi, dan penulis melakukan penelitian makna sabar ini dengan kepustakaan dengan menggunakan metode tematis.
       Kesabaran ada macam-macamnya, kesabaran dalam perintah, kesabaran dalam, menahan kemaksiatan, dan kesabaran dalam musibah, dan begitu banyak keutamaan bagi orang-orang yang bersabar yang Allah SWT janjikan bagi mereka yang siap menjadi orang –orang yang benar-benar sabar karna Allah SWT, maka baginya adalah pahala yang tampa batas.
       Kesabaran terkadang melemah dan terkadang meninggi, seperti roda kehidupan, terus berputar, dan ketika melemah kesabaran itu, maka bangkitkanlah kembali kesabaran tersebut, meskipun disamping itupula selalu ada kendala-kendala yang bisa mengikis kesabaran.
       Manusia sering mengatakan kata sabar, tapi kenyataannya umat belum tahu apa itu sabar yang sebenarnya, hingga di benak umat, bahwa sabar itu ada batasnya, padahal kesabaran itu tidak ada batasnya, bahkan semakin bersabar maka pahalanya semakin tak terbatas.

0 komentar:

Posting Komentar